body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Petani Tanya Gaji Dewan

BARU saja selesai mandi. Berkemas dan berpakaian rapi. Kali ini, saya berencana akan pergi ke Kota Sumenep. Bukan untuk berbel...

BARU saja selesai mandi. Berkemas dan berpakaian rapi. Kali ini, saya berencana akan pergi ke Kota Sumenep. Bukan untuk berbelanja dan membeli barang mewah layaknya orang kaya yang selalu pamer kekayaan hartanya. Tetapi, untuk jalan-jalan ingin menikmati suasana berbeda setelah sekian lama tinggal dikampung.
Setelah semua siap berangkat, saya mengeluarkan kendaraan dari dapur. Maklum, belum memiliki grasi mobil atau kendaraan. Sehingga, kendaraan roda dua satu-satunya diletakkan di dapur. Jika di taruk di halaman rumah, khawatir diembat maling.
Sering, kendaraan tetangga di letakkan di halaman rumahnya karena yakin tidak akan hilang. Tetapi, tahu-tahu keesokan harinya ketika akan digunakan telah tiada. Bagi saya, kendaraan harus diletakkan ditempat yang sangat aman, seperti dapur. Itupun jika dapurnya luas seperti dapur di rumah saya.
Maling itu, kadang bukan karena sengaja ingin mencuri, tetapi karena ada kesempatan. Mirip wakil rakyat atau pejabat negara lain. Kadang mereka memang tidak ada niatan untuk korupsi uang rakyat, tetapi karena ada peluang, memanfaatkannya. Atau bisa saja, peluang itu diciptakan.
Kembali pada persiapan saya akan berangkat ke Sumenep. Sebelum menghidupkan speda yang telah ready di halaman rumah, tahu-tahu ada tamu. Tamu saya ini bukan pejabat negara. Seorang petani desa.  Tetangga sebelah. Rencana saya berangkat, ditunda dulu. Saya harus menemui sang tamu.
Lalu berbincang-bincang apa saja. Mulai dari soal pertanian yangdiserang hama. Tanaman tembakau. Bawang merah. Hingga tetang wakil rakyat yang baru saja dilantik beberapa lalu. Konon, gaji wakil rakyat hingga mencapai belasan juta. Mendengar itu, si petani tadi terlihat kaget. ”Emang berapa gaji anggota dewan ya?” begitu dia bertanya pada saya.
Saya bingung mau menjawab. Saya tidak pernah menjadi wakil rakyat, tentu tidak pernah tahu berapa gaji mereka. ”Kalau bapak tanya kepada saya, lalu saya mau tanya kepada siapa?” demikian perbincangan semakin cair sambil tertawa dengan secangkir kopi dan rokok.
Dalam perjalanan, saya berfikir. Mungkin saja, para petani bertanya soal itu karena hasil pertaniannya selalu rugi sehingga bertanya gaji anggota dewan. Kesejahteraan petani masih sangat memprihatinkan.
Tiba di Kota Sumenep, kembali bertemu dengan anggota dewan yang baru saja di lantik. Wakil rakyat ini, belum pernah sebelumnya duduk sebagai anggota dewan. Lagi-lagi, teman saya ini bertanya kepada saya tentang berapa gaji yang akan dia terima sebagai wakil rakyat. Saya bingung mau menjelaskan. Anda tahu atau pura-pura tidak tahu?. 

Oleh BUSRI TOHA


KOMENTAR

banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Petani Tanya Gaji Dewan
Petani Tanya Gaji Dewan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEia0n9o2IufjTb7z28W72yIewSLmjg7MUXthWL4hbGScPYd-mr0d3UI_pDx7cPXzHLR9tqrEFZw6Ewba4Dm9LalRiu2-7bli60R9w_UGobpr-HZqWF3UdsL-Ifu0IqddFboE_wwRvHCpm8/s1600/tunjangan-dprd-1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEia0n9o2IufjTb7z28W72yIewSLmjg7MUXthWL4hbGScPYd-mr0d3UI_pDx7cPXzHLR9tqrEFZw6Ewba4Dm9LalRiu2-7bli60R9w_UGobpr-HZqWF3UdsL-Ifu0IqddFboE_wwRvHCpm8/s72-c/tunjangan-dprd-1.jpg
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2014/08/petani-tanya-gaji-dewan.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2014/08/petani-tanya-gaji-dewan.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy