body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Pugar, Jangan Justeru Calo yang Dibuat Makin Bugar

Dana Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) tahun 2012 akan segera turun. Harapan kita, dana tersebut terealisasi pada petani ya...


Dana Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) tahun 2012 akan segera turun. Harapan kita, dana tersebut terealisasi pada petani yang benar-benar berhak, dan jangan sampai disunat hanya untuk menggelembungkan kantong para calo.

Sebentara lagi, petani garam di Kabupaten Sumenep, akan kembali menerima bantuan dari pemerintah, dana tersebut adalah dana Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar), di tahun 2012 ini, bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut berjumlah total Rp 8,7 miliyar rupiah.

Jumlah ini jauh lebih besar dari dana serupa yang diterima petani garam Kabupaten Sumenep tahun 2011 lalu. Saat itu, dana pugar hanya Rp 6,5 milyar rupiah. Ini artinya, ditahun 2012 ini meningkat Rp 2,2 miliyar rupiah.

Jika pada tahun 2011 lalu hanya ada 130 kelompok tani garam yang menerima bantuan, maka pada tahun 2012 ini direncanakan ada 170 kelompok yang akan menikmatinya.

Anugerah ini perlu disyukuri, dalam arti harus direalisasikan dengan baik dan teliti, agar tidak menyisakan persoalan seperti terjadi pada tahun 2012 lalu. Masih lekat dalam ingatan kita, ada banyak persoalan seputar realisasi dan Pugar ini, sejak dari penerima yang sebenarnya tidak berhak hingga dugaan adanya pemotongan.

Bahkan, karena banyaknya pengaduan masyarakat terkait persoalan ini, Komisi B DPRD Sumenep sempat membuat panitia kerja atau panja, yang khusus ditugaskan untuk menyelesaikan persoalan ini.

Darul Hasyim Fath, Ketua Panja Pugar DPRD Sumenep waktu itu mengatakan, bahwa pengaduan terkait persoalan dana Pugar ini cukup rumit. Sebab petunjuk teknis realisasi bantuan ini tidak cukup jelas dan interpretebel, atau dalam bahasa gampangnya, bisa ditafsirkan lebih dari satu tafsir. Sehingga banyak warga yang meresa berhak mendapatkannya tapi tidak kebagian, dan tidak sedikit yang mereka anggap tidak layak justeru menerimanya.

Karenanya menurut Darul, pihaknya melalui Panja Pugar yang waktu itu ia pimpin, telah merekomendasikan satu hal yang cukup penting, yakni mensosialisasikan petunjuk teknis realisasi dana Pugar tersebut secara lebh masif dan transparan, sehingga pengaduan dan demo terkait dana pugar seperti beberapa hari kemarin tidak perlu terjadi.

Masyarakat kita tentu tidak gila, jika mereka sudah diberitahu tentang kriteria siapa saja yang berhak menerima dana bantuan ini, mereka pasti tidak akan ngotot. Mereka tidak mungkin menuntut sesuatu yang memang bukan hak mereka.

Selain itu jangan sampai ada pemotongan dana untuk jasa calo atau makelar. hehehe... kita katakan ini tidak dengan maksud ingin menuduh adanya calo. Namun karena kita sudah kadung banyak mendengar istilah bahwa negeri ini punya julukan sebagai “Negeri Calo”, dimana semua hal, terutama yang berkaitan dengan bantuan dan birokrasi, seakan tak bisa berjalan tanpa adanya calo.

Pugaaaaar pugar, semoga engkau benar-benar bisa membuat lebih segar petani, bukan justeru nyasar kekantong-kantong yang memang sudah bugar.

catatan redaksi Madura Channel


KOMENTAR

banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Pugar, Jangan Justeru Calo yang Dibuat Makin Bugar
Pugar, Jangan Justeru Calo yang Dibuat Makin Bugar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMWRbXMcoMjyEKIlpAZTQK3svjWplzqoHk6X45zylntULuA_UUalhDzPS-XDXFiWrlmrOeLJcSZUhTtCpN3h73irhiMOqD5vRS39wpx9y9b6u-TJmJ0kc1-UoG_7iplR3rSNJDBekCNGY/s200/1.+PT+GARAM+TIDAK+AKAN+MELAKUKAN+IMPOR+GARAM.mpg_snapshot_00.00_%255B2012.04.20_15.12.21%255D.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMWRbXMcoMjyEKIlpAZTQK3svjWplzqoHk6X45zylntULuA_UUalhDzPS-XDXFiWrlmrOeLJcSZUhTtCpN3h73irhiMOqD5vRS39wpx9y9b6u-TJmJ0kc1-UoG_7iplR3rSNJDBekCNGY/s72-c/1.+PT+GARAM+TIDAK+AKAN+MELAKUKAN+IMPOR+GARAM.mpg_snapshot_00.00_%255B2012.04.20_15.12.21%255D.jpg
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2012/04/pugar-jangan-justeru-calo-yang-dibuat.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2012/04/pugar-jangan-justeru-calo-yang-dibuat.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy