body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Wartawan; Jangan Menjadi Pelacur

Catatan Busri Thaha PELACUR, dikatakan sebagai penjual jasa seksual, seperti oral seks atau hubungan seks. Tujuannya, demi mendapatkan ua...

Catatan Busri Thaha

PELACUR, dikatakan sebagai penjual jasa seksual, seperti oral seks atau hubungan seks. Tujuannya, demi mendapatkan uang. Kini, pekerja itu sering disebut dengan istilah pekerja seks komersial (PSK). Lebih luas lagi, wartawan yang menjual idealisme demi kepentingan diri, disebut juga melacurkan diri.

Melacurkan diri tak jauh beda menjual idealisme. Menggadaikan harga diri demi sesuap nasi. Alangkah naifnya jika itu terjadi pada wartawan. Seorang kuli tinta yang dihormati. Tetapi, apapun alasannya, itu banyak terjadi pada wartawan. Dialami para kuli tinta yang menjual harga dirinya. Misalnya, mereka menakut-nakuti orang lain dengan kartu pers. Mengancam dan lain sebagainya. Ancaman berakhir jika diberi uang, baru dia tidak akan mecam-macam lagi.

Kuli tinta yang tak punya harga diri, akan minta transport kepada sumber berita. Meminta ini dan itu. Alasannya, demi memuluskan atau menghaluskan berita. Dia sok idealis. Padahal, saat itu juga, harga dirinya sudah terjual. Dia akan dinilai; cukup dengan amplop, wartawan si A sudah beres.

Jika itu terus terjadi, pers sebagai media control tak berlaku. Sebab, media akan benar-benar menjadi pengontrol bila wartawan bersih, suci dan tidak mudah menggadaikan idealismenya.

Hakikatnya, wartawan tak perlu menjual harga diri. Sebab, wartawan memiliki banyak peluang yang bisa ditempuh tanpa harus menggadaikan harga diri. Banyak jalan yang bisa dilalui tanpa menakut-nakuti orang lain. Jalan menuju kebaikan. Jalan menggapai yang diinginkan.

Wartawan, tidak perlu khawatir di dideskreditkan karena miskin. Sebab, wartawan memililki banyak kemampuan. Dengan potensi itu, banyak celah untuk menambah penghasilan tanpa melacurkan idealisme. Pepatah bilang : di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Dunia wartawan luas. Seorang guru hanya mengetahui seputar dunia pendidikan saja. Mengajar dan pulang. Pedagang hanya tahu perpuran uang di toko, lalu buka dan tutu toko. Itulah ilmu mereka. Tapi, kuli tinta banyak mengetahui berbagai informasi.

Hidup sebagai wartawan memiliki keuntungan cukup banyak. Salah satunya, kuli tinta dapat bertemu dengan banyak orang. Mulai dari tukang becak, petani, pedagang, kepala desa, kepala dinas, camat, bupati, gubenur, dan bahkan presiden sekalipun, wartawan tinggal menunjukkan identitas dan mengajukan kepentingan, pasti dengan mudah ditemui. Bahkan, tidur satu kamar dengan presiden, pun bisa dilakukan wartawan.

Semua itu bisa dimanfaatkan dengan baik. Profesi wartawan tidak dimiliki semua orang. Wartawan bisa masuk ke mana saja. Tidak seperi profesi lain. Maka, jangan lacurkan idealisme. Gunakan kesempatan itu untuk terus membangun relasi dengan orang lain. Sebab, suatu saat kita akan membutuhkannya tanpa harus menggadaikan idealisme. Jangan lacurkan idealisme. Banyak pembaca yang menanti nilai perjuangan kita untuk perubahan.


KOMENTAR

BLOGGER: 3
Loading...
banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Wartawan; Jangan Menjadi Pelacur
Wartawan; Jangan Menjadi Pelacur
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2009/12/wartawan-jangan-menjadi-pelacur.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2009/12/wartawan-jangan-menjadi-pelacur.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy