body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Refleksi Penghujung 2009

Memulai Lembaran Baru yang Lebih Baik Catatan : BUSRI THAHA DESEMBER merupakan bulan bersejarah yang penuh makna. Sebab, penghujung tahun 20...

Memulai Lembaran Baru yang Lebih Baik

Catatan : BUSRI THAHA

DESEMBER merupakan bulan bersejarah yang penuh makna. Sebab, penghujung tahun 2009 yang sudah berlalu itu, terdapat banyak momentum yang dapat digali hikmahnya. Diantaranya perayaan hari Natal bagi umat Kristiani, pergantian tahun baru hijriyah (1 Muharram 1431) bagi umat muslim, dan peringatan hari Ibu bagi seluruh umat manusia. Dan pergantian tahun masehi, 2010.

Momentum pertama adalah hari Natal. Bagi umat kristiani, Natal merupakan hari raya yang harus dilaksanakan tepat pada tanggal 25 Desember lalu, kelahiran Yesus Kristus. Meski sebagian besar para pakar sepakat bahwa Yesus tidak lahir pada hari itu, tetapi tetap dirayakannya.

Namun, yang sangat penting, bukan terjebak pada perdebatan kebenaran kelahiran Yesus pada tanggal 25 Desember atau tidak. Tetapi, berupaya mewujudkan makna Natal dalam kehidupan sehari-hari. Manusia yang dilahirkan dalam keadaan suci, sehingga keberadaannya diharapkan mampu mengimplementasikan kesucian itu dalam kehidupan nyata seperti kelahiran Nabi Isa. Umat Kristiani diharapkan akan mampu memberikan kedamaian dan kesejahteraan terhadap umat manusia, baik dalam satu rumpun agama atau lain keyakinan.

Mewujudkan kedamaian antara sesama manusia merupakan nilai yang dianjurkan dalam setiap agama. Di mata agama, orang yang menyebarkan kedamaian akan mendapatkan tempat sangat mulia dihadapan-Nya.

Momentum kedua di bulan Desember, adalah tahun baru hijriyah. Bagi umat muslim, bulan Muharram sejak ditetapkan khalifah Umar bin Khattab menjadi awal tahun baru dalam kelender Islam, selalu diperingatinya. Sebab, bulan Hijriyah dapat dijadikan sebagai bulan intospeksi diri, baik dalam ibadah dan mengukur keimanan dan ketaqwaan umat muslim kepada Allah SWT.

Bulan Hijriyah tidak semata-mata lahir tanpa makna. Dalam arti yang lebih luas, umat Islam harus hijrah dari nilai perbuatan atau budaya buruk menuju nilai perbuatan dan budaya Islami. Nilai yang sesuai dengan ajaran Islam.

Pola kehidupan yang menyimpang dari garis ketentuan agama, harus segera hijrah dari prilaku pelanggaran terhadap agama menuju pada jalur yang baik yang sudah ditentukan dalam aqidah Islam. Hijrah pada perbuatan yang lebih baik, juga mengimplementasikan makna pergantian tahun Masehi 2010 mendatang.

Momentem selanjutnya adalah Hari Ibu. Hari itu, penting untuk terus diperingati. Tujuannya, untuk meneladani perjuangan kaum Ibu dalam melawan kaum penjajah memperebutkan kemerdekaan. Meniru semangat para Ibu dalam melawan klonialisme. Mengenang keterlibatan Ibu-Ibu dalam pembangunan Indonesia.

Dalam sejarah, kaum Ibu telah berjuang mati-matian. Salah satunya adalah agar perdagangan anak-anak (child trafficking), pelecehan seksual terhadap perempuan, upaya keras agar gizi dan kesehatan Ibu terjamin. Semua itu, bukti sejarah perjuangan kaum Ibu yang patut diteladani dan dihargai. Bahkan, kemerdekaan dan pembangunan Negari berkepulaaun ini, tidak lepas dari hasil pengorbanan kaum Ibu, bukan hanya dari kaum Adam.

Keberadaan tokoh-tokoh pejuang perempuan seperti R.A. Kartini, Cut Nya Dien, M. Christina Tiahahu, Dewi Sartika, Cut Mutiah, Walanda Maramis dan pejuang-pejuang lain pada abad 19, adalah bukti bahwa kaum Ibu sangat berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa tersebut merupakan barometer sejarah perjuangan kaum Ibu Indonesia. Sehingga, sepantasnya peringatan Hari Ibu tidak hanya dilakukan sebagai kegiatan rutinitas nasional setiap tahun. Tetapi, yang paling penting membangkitkan kembali semangat kaum Ibu. Persatuan dan kesatuan bangsa tetap membutuhkan pemikiran kreatif dan gerakan kaum perempuan seperti sebelum kemerdekaan.

Dalam diri kaum Ibu, tersimpan beribu potensi yang seringkali melebihi kapasitas yang dimiliki kaum lelaki. Kehadiran tokoh-tokoh perempuan dalam pentas perjuangan kemerdekaan Indonesia itu, bukti sejarah bahwa kapasitas mereka (perempuan) tidak dapat disepelekan.

Akhirnya, dengan berbagai momentum yang penuh dengan makna itu, sepantasnya pada bulan yang sudah berlalu itu, Desember, dijadikan sebagai bulan introspeksi diri. Mulai dari tingkah laku, perbuatan, ucapan hingga prilaku. Tanpa terkecuali, baik petani, perangkat desa, pegawai kecamatan, pejabat Kabupaten, bahkan Propinsi hingga pusat, harus selalu mawas diri. Tidak ada salahnya berkaca pada kesalahan untuk menuju pada tindakan yang lebih baik. Harapannya, memulai tahun baru 2010 ini sudah dengan langkah yang pasti menuju arah yang lebih baik. Wallahu A’lam


KOMENTAR

BLOGGER: 2
Loading...
banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Refleksi Penghujung 2009
Refleksi Penghujung 2009
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2010/01/refleksi-penghujung-tahun-2009.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2010/01/refleksi-penghujung-tahun-2009.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy