body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Curhat dengan Kiai Warits Ilyas

”Setiap lembaga pasti memiliki kekurangan dan kelebihan” Alm. KH A Warits Ilyas BEGITULAH salah satu kalimat disampaikan almar...



”Setiap lembaga pasti memiliki kekurangan dan kelebihan”

Alm. KH A Warits Ilyas
BEGITULAH salah satu kalimat disampaikan almarhum KH. A. Warits Ilyas kepada saya di Mushalla dekat kebun salak. Waktu itu, saya memiliki keinginan untuk pindah ke pondok pesantren lain. Sudah  beberapa tahun tinggal di Pesantren Annuqayah, saya merasa tidak kerasan. Jangankan untuk menyelesaikan MA, MTs saja saya sudah tidak kerasan tinggal di pesantren itu.
Saya tidak kerasan, karena (setidaknya menurut saya pribadi) pengurus pesantren mengambil kebijakan se wenang-wenang. Misalnya, ketika dia melanggar aturan pesantren, tapi tidak menjalani hukuman. Sedangkan saya, ketika melanggar harus menyapu keliling pesantren dan juga mengangkut batu 1 kubik, dalam satu kali melanggar untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Jami’ Annuqayah yang berdiri megah sekarang.
Memang, mengangkut batu adalah kewajiban santri setiap pagi. Kali ini, saya tidak ingin memprotes itu semua. Karena setiap menjalankan kewajiban atau hukuman karena tindakan saya, sudah ikhlas melaksanakan. Sebab, kata kakek saya, Suja’ie, yang juga alumni Pondok Pesantren Annuqayah, semasa kepemimpinan Almarhum KH. Ilyas, ayah KH. A. Warits Ilyas mengatakan, jangan pernah melawan undang-undang pesantren. Jika dihukum laksanakan dengan baik jangan membantah. Sebab, setiap kejadian ada hikmahnya.
Dalam konteks ini, kakek saya adalah pahlawan bagi saya. Beliau telah mengajarkan banyak hal tentang seni kehidupan. Kemandirian dan ketegasan dalam menghadapi setiap persolan. Namun, lagi-lagi, ketika ada di pesantren, tidak mungkin setiap saat akan selalu ingat dengan pesan sang kakek. Maka, ketika sedang lupa dengan pesan kakek, saya kemudian tidak kerasan akibat sikap kesewenang-wenangan pengurus pesantren kala itu.
Barangkali berbeda dengan pengurus pesantren yang ada sekarang, jika dulu seringkali pengurus mengatasnamakan kiai untuk menekan santri, kalau sekarang mungkin tidak ada. Sebab, kontrol pengasuh pesantren terhadap pengurus semakin ketat. Bagi saya, yang sangat penting, pengurus apapun jangan pernah menyalahgunakan wewenang.
Kenyataan yang saya alami itu, membuat saya tidak kerasan di pesantren. Bahkan, saya terpaksa ke luar Madura ke wilayah Banyuangi pergi ke rumah famili karena tidak kerasan. Saya tidak pamitan kepada keluarga di rumah, pun juga kepada pengasuh pesantren KH. A. Warits Ilyas. Menariknya, almarhum yang meninggal dunia pada 22 Februari2014 itu, seakan mengingatkan saya dalam perjalanan.
Entahlah, saya tidak bisa menuliskan dalam kertas ini peringatan beliau kepada saya. Tapi jelas, waktu itu saya langsung pulang dan kembali ke pesantren. Saya langsung menghadap almarhum KH. A. Warits Ilyas. Sejak saat itu pula, setiap ada persoalan sekecil apapun selalu saya curhat kepada almarhum KH. A. Warits Ilyas. Mulai dari persoalan tidak memiliki uang hingga keinginan saya pindah pesantren.
Sejak saat itu, saya sedikit tahu keistiqomahan beliau. Beliau mengajarkan kepada saya tentang makna istiqomah. Bahkan, sesibuk-sibuknya almarhum jika sudah pukul 13.00, pasti bel berbunyi bahwa beliau sudah menuju ke Masjid untuk shalat berjamaah.
”Kamu mau pindah ke mana?” begitulah pertanyaan yang beliau lontarkan kepada saya. Terus terang, saya tidak bisa menjawab. Sebab, saya memang tidak memiliki jawaban. Alasan saya Cuma satu tapi dalam hati, tidak kerasan. Belum sempat saya menjawab pertanyaan beliau, beliau langsung memberikan penjelasan.
”Setiap lembaga pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Jangan terlena dengan lembaga pendidikan karena terlihat megah dari luar, ketika masuk ke dalam (lembaga) itu, bisa jadi akan lebih parah. Sudahlah, kamu di sini saja. Jalani dengan sabar,” begitulah kata-kata almarhum masih sangat saya ingat.
Akhirnya, setiap lembaga harus selalu melakukan pembenahan dan pembenahan demi kebaikan. Tidak ada lembaga yang sempurna tanpa adanya kekurangan. Lembaga apapun baik itu swasta maupun negeri, jangan pernah takut dengan kritik. Sebab, kritik yang masuk, baik itu negatif maupun positif, pasti berguna untuk pengembangan lembaga itu sendiri.
Akhir kata, saya tidak bisa memberikan yang terbaik kepada almarhum KH. A. Warits Ilyas. Saya hanya bisa menangis atas kepergian beliau. Kecuali hanya bercerita kepada pembaca. Siapa tahu ada yang ingin meniru beliau yang istiqomah. Istiqomah dalam politik, istiqomah dalam pendidikan dan berdakwah dalam politik. Semoga, almarhum KH. A. Warits Ilyas mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Amin (*)

Oleh: BUSRI TOHA


KOMENTAR

BLOGGER: 2
Loading...
banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Curhat dengan Kiai Warits Ilyas
Curhat dengan Kiai Warits Ilyas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlRmtnQsQGpir8O2JM8eKYNU_2qY0eAPcD6D3VtiGVJ66GE7jmBw-xLnHlLWvAnVTJR_I0ymWIioo-YP7THWxLZGZxhd9zbm7PJAC2sGB1v_bgtLNda2VjWtiyA7lDF6_HKNh9PIYw9oY/s1600/KH+A+WARITS+ILYAS.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlRmtnQsQGpir8O2JM8eKYNU_2qY0eAPcD6D3VtiGVJ66GE7jmBw-xLnHlLWvAnVTJR_I0ymWIioo-YP7THWxLZGZxhd9zbm7PJAC2sGB1v_bgtLNda2VjWtiyA7lDF6_HKNh9PIYw9oY/s72-c/KH+A+WARITS+ILYAS.JPG
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2014/03/curhat-dengan-kiai-warits-ilyas.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2014/03/curhat-dengan-kiai-warits-ilyas.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy