body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Amanah Bukan Sekedar Kata

Kisah Empat Jam Bersama KH. A Warist Ilyas Ketika libur kantor, saya menyempatkan diri berkunjung ke Pondok Pesantren Annuqayah Guluk Sumen...

Kisah Empat Jam Bersama KH. A Warist Ilyas

Ketika libur kantor, saya menyempatkan diri berkunjung ke Pondok Pesantren Annuqayah Guluk Sumenep Madura, tempat saya menimba ilmu dulu (1996-2007). Saat tiba di Annuqayah, puluhan teman-teman santri lama menghampiri saya. Mereka membicarakan mulai sejarah ketika saya ada di pesantren hingga berbagai persoalan yang sedang ramai dibicarakan para santri. Dari hal yang paling lucu, hingga yang paling ngeri.

Selain itu, saya juga keliling di PP. Annuqayah. Mengingat-ngingat tempat yang pernah saya singgahi. Ternyata, sudut Masjid Jamik Annuqayah, salah satu tempat saya berdiskusi bersama teman-teman dulu, hingga saat ini masih tetap dilestarikan oleh beberapa santri dengan berdiskusi.

Muara (Majalah milik pesantren), juga masih eksis terbit. Bahkan, kantornya, sudah semakin megah dibandingkan dengan masa saya dulu. Didalamnya, sudah tersedia satu unit komputer, termasuk juga lemari tempat penyimpanan buku. ”Jika anda tidak kreatif dengan fasilitas yang semakin lengkap, anda akan rugi,”

Setelah itu, saya juga manfaatkan untuk sowan pada pengasuh pesantren Annuqayah Lubangsa KH. A. Warist Ilyas. Dengan beliau, saya membicarakan mulai tentang media lokal hingga nasional. Ternyata, mantan anggota MPR RI itu memiliki relasi yang sangat kuat dan pengetahuan mendalam tentang media massa.

Beliau juga sempat menyarankan saya sebagai santrinya, agar tetap konsisten dalam menulis dan menulis. Kuncinya, adalah semangat dan kesabaran tidak boleh pudar. Sebab, keberhasilan akan tercapai jika santri memiliki semangat yang tinggi dan tidak mudah putus asa.

Perbincangan mulai hangat, saya juga sempat menyinggung apakah dia bersedia maju pada Sumenep satu, beliau membalas dengan senyuman. Lalu, mantan anggota DPRD Sumenep itu mengatakan, kesehatan fisiknya sudah tidak memungkinkan.

Menurutnya, menjabat sebagai Bupati bukan jabatan yang main-main dan bukan pula hanya untuk mengusai materi dan yang lain. Tetapi, jabatan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan baik dan bijaksana. Sebab, menurut putra KH. Ilyas itu, setiap amanah akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT di akhirat kelak.

Sekitar empat jam saya berbincang dengan beliau. Usai perbincangan itu, saya mengingat-ngingat apa yang telah disampaikan oleh orang tua K. Sholehuddin. Perbincangan cukup hangat dan menyenangkan.

Lalu, saya teringat dengan perkataan guru hadist di Annuqayah dulu. Sang guru berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tiada iman pada orang yang tidak menunaikan amanah; dan tiada agama pada orang yang tidak menunaikan janji.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Kita mungkin selama ini hanya memahami bahwa amanah adalah kata yang selalu berkaitan dengan kekuasaan dan materi. Padahal, sesungguhnya amanah bukan hanya dengan urusan tersebut, tetapi juga tanggung jawab kepada manusia dan Allah.

Dalam kitab suci yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad dalam surat An-Nisa: 58 dikatakan : “Sesungguhnya Allah memerintahkan kalian untuk menunaikan amanah-amanah kepada pemiliknya; dan apabila kalian menetapkan hukum di antara manusia hendaklah kalian menetapkan hukum dengan adil.” Lalu, siapakah yang benar-benar menjelakan amanah itu? Wallahu A’lam. (*)


KOMENTAR

BLOGGER: 2
Loading...
banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Amanah Bukan Sekedar Kata
Amanah Bukan Sekedar Kata
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2010/02/amanah-bukan-sekedar-kata.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2010/02/amanah-bukan-sekedar-kata.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy