body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

JKN Vs Fasilitas Tuhan

 PEMERINTAH memberikan perhatian cukup serius terhadap kesehatan masyarakat. Baru-baru ini (31/12), Presiden RI Dr Susilo Bambang Yud...



 PEMERINTAH memberikan perhatian cukup serius terhadap kesehatan masyarakat. Baru-baru ini (31/12), Presiden RI Dr Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan termasuk juga peluncuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Barangkali, dengan diresmikan jaminan kesehatan, SBY sudah tak mau mendengar lagi keluhan masyarakat tidak mampu yang ditolak oleh rumah sakit untuk berobat. Kecelakaan kerja dibiarkan tanpa perawatan dan pelayanan medis. SBY ingin masyarakat sehat dan tidak ada yang sakit. Sungguh ini perhatian sangat berharga dari pimpinan negara.
Bagi saya, langkah yang dilakukan SBY sangat tepat. Sebab, kesehatan sangat penting. Semoga, pelaksana dari keputusan Presiden, benar-benar menjalankan amanat negara. Sebab, Presiden bukan hanya tidak ingin mendengar rakyat tidak mampu ditolak untuk berobat, tetapi beliau juga tidak ingin mendapat informasi bahwa program itu disalahgunakan.
Itulah mungkin tafsiran saya tentang harapan SBY dalam program ini. Tafsir saya ini, barangkali banyak yang salah. Tapi, setidaknya, harapan semua masyarakat tak jauh beda dengan harapan saya. Termasuk juga, pelayanan. Pelayanan kesehatan baik bidan, dokter, perawat, dan lain-lain di pusat pelayanan kesehatan masyarakat berjalan maksimal. Apalah arti suatu program kesehatan jika realisasi di lapangan tak berjalan maksimal. Pelayanan kesehatan yang baik akan mengurangi separuh dari penyakit yang diderita seseorang.
Suatu ketika, saya memiliki seorang teman. Dia  punya anak baru lahir. Namun, tak selang berapa lama, anaknya sakit. Setelah diobati dengan berbagai pengotan tradisional, tak kunjung sembuh.
Akhirnya sang anak dibawa ke bidan desa. Namun, alangkah sedihnya, bidan desa sedang tidak ada di tempat tugas. Ibu bidan sedang ada acara.
Dugaan teman saya itu, Ibu bidan memang sedang ada acara kedinasan. Keesokan harinya, dia datang kembali. Dia membawa anaknya karena siang malam menangis. Namun, alangkah kagetnya bidan desa juga tidak ada. Bagaimana mungkin akan memberikan pelayanan jika petugas tidak ada. Ini menunjukkan bahwa pelayanan tak maksimal. Padahal, ditempatkannya bidan di suatu desa agar memberikan pelayanan kesehatan maksimal ditingkat desa.
Memang, pelayanan harus berjalan maksimal. Namun, kita tak dapat selalu menyalahkan pelayanan kesehatan yang kadang amburadul itu. Keinginan untuk hidup sehat harus tumbuh dari diri sendiri.
Ini kemudian mengingatkan saya pada cerita seorang kakek tua di desa. Sang kakek tua ini bercerita, ketika masih muda dulu, dia memiliki seorang teman yang sangat tegar, sehat dan bekerja keras. Bahkan, dia tidak memikirkan fisiknya sendiri demi memperoleh harta yang dia inginkan.
Dari usahanya, dia memang benar-benar berhasil. Kekayaan harta berhasil diperoleh. Bahkan, mungkin saja kekayaan yang dia dapat bisa cukup tujuh turunan.
Namun, kenyataan berbeda. Menjaga kesehatan sebelum sakit, sebagaimana disampaikan Nabi Muhammad, tidak dia renungkan dan jalankan dari awal. Kini, ketika kekayaan sudah menumpuk dan menggunung, dirinya tidak bisa apa-apa. Penyakit mulai merasuki. Mulai dari dukun, dokter dan segala pengobatan, dia datangi. Tapi tak ada yang berhasil.
Akhirnya, kekayaan yang dia peroleh terpaksa dihabiskan untuk mengobati penyakit yang diderita. Dia harus membeli kesehatan dengan harta yang telah didapatkan.
Saya kemudian menjadi teringat dengan SMS seorang teman. SMS ini sudah datang sekitar satu tahun silam. Tetapi, masih saya simpan.
Dalam SMS itu bahwa kesehatan sangat berharga untuk keberlangsung hidup manusia. Allah telah memberikan kesehatan yang musti dijaga oleh manusia. Dia mencontohkan, bahwa harga oksigen Rp 25.000/liter. Sedangkan harga nitrogen kurang lebih sekitar Rp 9.950/liter dan dalam 1 hari, manusia harus menghirup 2.880 liter oksigen dan 11.376 liter nitrogn.
Jika diuangkan, maka oksigen dan nitrogen yang dihirup dalam setiap 1 orang, bila 1 hari = Rp 185 juta. Bila 1 bulan = Rp 5,5 miliar, sehingga jika dalam jangka 1 tahun = Rp 66 miliar. Nah, ketika dikalikan dengan umur manusia, semisal berumur 50 tahun, maka Allah SWT sudah memberikan Rp 3,3 triliun sacara gratis pada masing-masing manusia.
SMS ini, memang saya tidak tahu pasti kebenarannya tentang harga tersebut. Tetapi, jika memang benar, ini luara biasa. Ini mengingatkan saya terhadap Hadist Nabi bahwa Rasulullah bersabda, Ada dua kenikmatan, banyak manusia menjadi merugi gara-gara dua kenikmatan ini, yaitu; nikmat kesehatan dan nikmat waktu luang. (HR Imam Bukhari).
Pada akhirnya, seberapa kuat JKN mampu mensyukuri fasilitas kesehatan yang diberikan oleh Tuhan. Seberapa perduli negara terhadap kesehatan rakyat.
Awal tahun 2014 ini, semoga kita sehat selalu. Kurangi emosi diri, lakukan evaluasi agar kesehatan tetap terjaga. (*)
OLEH BUSRI TOHA


KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: JKN Vs Fasilitas Tuhan
JKN Vs Fasilitas Tuhan
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2014/05/jkn-vs-fasilitas-tuhan.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2014/05/jkn-vs-fasilitas-tuhan.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy