body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Makna Sosial dan Egalitarianisme Ibadah Haji

Ibadah Haji merupakan salah satu pilar kelima dalam Islam. Meski begitu, ibadah ini hanya dikhususkan untuk mereka yang “mampu” menjalankan...

Ibadah Haji merupakan salah satu pilar kelima dalam Islam. Meski begitu, ibadah ini hanya dikhususkan untuk mereka yang “mampu” menjalankannya. Al-Qura’n menegaskan : “Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan Ibadah Haji ke Baitullah bagi orang-orang yang mampu menjalankannya…” (Qs. 3: 97). Dalam konteks penafsiran kata “mampu” pada ayat tersebut, bahwa bagi umat Islam yang telah memiliki kemampuan yang, setidak-tidaknya, tiga aspek dalam ibadah haji mesti dimiliki, yakni aspek ekonomi, ritual, psikologi dan sosial.
Aspek ekonomi, karena melaksanakan ibadah haji harus mengeluarkan uang transport—kecuali umat Islam yang tinggal di sekitar tanah suci yang tanpa ongkos perjalanan—serta kebutuhan lain pada keluarga yang ditinggalkan. Aspek ritual—sebagaimana peraturannya telah diatur dengan jelas dalam Al-Quran—karena haji termasuk salah satu rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh mereka yang mampu (istitho'a).
Aspek psikologis mengindikasikan bahwa seluruh umat Islam yang menunaikan ibadah haji harus memiliki kesiapan mental dalam menghadapi berbagai perbedaan, baik perbedaan suhu dan cuaca (iklim), tradisi umat Islam yang berbeda-beda yang datang dari berbagai Negara dunia bersatu di tanah suci pada musim haji, yang semua itu (kondisi dan situasinya) sangat berbeda dengan Indonesia. Maka kesiapan psikologi menjadi modal utama bagi jamaah Haji. Psikologi yang lemah akan sulit bisa malaksanakan ibadah haji dengan maksimal dan khusyuk, sebab pisikologi yang terganggu melemahkan pikiran dan perasaan sehingga aktifitas yang berkaitan dengan ibadah Haji akan terganggu pula.
Yang sangat urgen dalam Ibadah Haji adalah makna sosial, yakni para jamaah Haji memiliki pemahaman—minimal tahu—mengaplikasikan pesan-pesan ajaran yang ada dalam pelaksanaan ibadah haji ke dalam konteks kehidupan masyarakat.

Untuk mempertegas makna sosial yang sangat tinggi dalam ibadah Haji, Ahmad Suroso dalam tulisannya “Relevansi Semangat Haji dan Kurban” mengatakan bahwa Haji juga melambangkan persamaan (egalitarianisme). Mulai dari mengenakan pakaian yang sama yaitu kain kafan pembungkus mayat, yang terdiri dari dua helai kain putih yang sederhana. Semua memakai pakaian seperti ini. Menurutnya, ajaran ihram tanpa jahitan yang dipakai jamaah laki-laki adalah bukti ajaran tentang persamaan berakar sangat kuat dalam tradisi asli Islam meski sering dinodai dengan berbagai alasan.

Salah satu tulisan “Makna Sosial Ibadah Haji” di Forum Alumni Santri Anttanwir memberikan pengertian luas mengenai makna sosial yang terkandung dalam ibadah Haji. Pertama, Ihram, mengandung makna melepaskan dan membebaskan diri dari lambang material dan ikatan kemanusiaan, mengkosongkan diri dari mentalitas keduniawiaan, membersihkan diri dari nafsu serakah angkara murka, kesombongan serta kesewenang-wenangan.

Dengan demikian, umat Islam yang telah diberi kemampuan oleh Allah melaksanakan ibadah Haji harus berjiwa stabil, bukan dikendalikan nafsu yang dapat merusak nilai-nilai ibadah haji. Maka nafsu untuk selalu menumpuk kekayaan dengan cara haram seperti mencuri uang rakyat, mesti dihindari.

Kedua, Thowaf, mengandung isyarat keluar dari lingkungan manusia yang buas
masuk ke dalam lingkungan Rabbaniyah yang penuh kasih sayang, saling
menghargai dan saling menghormati.

Sebagaimana diketahui bahwa sebelum melaksanakan thowaf, jamaah haji terlebih dahulu melontar jumrah sebagai pertanda mengusir setan yang menggoda Nabi
Ibrahim as, Nabi Ismail as dan Siti Hajar. Itu artinya, setiap jemaah haji
harus selalu berusaha mengusir godaan setan yang bersarang dalam dirinya.

Ketiga, Sa'i, mengandung isyarat kesediaan menjalankan tugas dan tanggung
jawab (berjalan) bagi jemaah haji ke arah hal-hal yang positif dan
bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. Dengan kata lain, siapa pun yang sudah
menjalankan ibadah haji harus bisa mengambil makna Sa'i yang menyimpan makna
perlunya perilaku yang positif, baik untuk dirinya maupun orang lain
(masyarakat).

Terakhir, Al-hulqu/Tahallul, (memotong rambut) mengandung isyarat
pembersihan, penghapusan sisa-sisa cara berfikir dan berbuat kotor yang masih bertengger pada setiap masing-masing manusia. tahallul berarti mengajarkan kepada umat Islam yang menjalankan ibadah haji agar bisa memiliki dan mengeluarkan pikiran yang baik dan positif.

Walhasil, semoga jamaah haji yang sedang melaksanakan ibadah di Makkah saat ini mendapatkan haji Mabrur. Mabrûr secara bahasa berarti baik dan dianggap sah, bukan hanya sah dalam rukun dan syarat. Tetapi lebih penting, adalah memiliki implikasi sosial terhadap pelakunya dan kehidupan masyarakat disekitarnya ketika kembali ke tanah air nanti. Semoga...! Amien.


KOMENTAR

banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Makna Sosial dan Egalitarianisme Ibadah Haji
Makna Sosial dan Egalitarianisme Ibadah Haji
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2008/12/makna-sosial-dan-egalitarianisme-ibadah.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2008/12/makna-sosial-dan-egalitarianisme-ibadah.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy