body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Salam Sejahtera Untuk Banjir

JIKA banjir datang satu kali hingga banyak menelan korban, barangkali ujian dari Tuhan . Namun, bila datang berkali-kali dan setiap...



JIKA banjir datang satu kali hingga banyak menelan korban, barangkali ujian dari Tuhan. Namun, bila datang berkali-kali dan setiap musim selalu terjadi, tak pantas menyebut itu adalah ujian. Manusia sudah diberi hak untuk terus berusaha dan mengusahakan dengan mencegah timbulnya sesuatu yang tidak diinginkan.
SAMPANG, 19 Desember 2013
Jika tidak mau dengan musibah itu tiba, telah dari sejak awal diantisipasi. Tak berani bermain api jika tidak ingin terbakar. Menjauh dari awal sebelum semua terjadi. Tetapi, ketika memang sengaja larut dalam lingkaran setan birokrasi, maka tak bisa dielakkan petaka akan terjadi.
Banjir di Kabupaten Sampang, Madura yang setiap saat selalu terjadi, pasti banyak merugikan, baik material, sosial dan lain-lain. Saya kadang menangis, sedih dan terharu. Sebab, setiap musim penghujan musibah itu menyapa. Nyaris bisa dipastikan bahwa banjir setiap tahun. Kali ini, kembali dilanda banjir. Saya menangis kasihan kepada anak-anak yang seharusnya konsentrasi mengikuti pelajaran, menjadi terhenti. Kegiatan pemerintahan lumpuh. Ekonomi masyarakat terhenti. Semua berhenti memberusaha mencegah air. Membersihkan sampah yang masuk ke rumah-rumah. Tapi sayang, banjir belum bisa menghanyutkan koroptor. Terlalu licin barangkali.
Pemerintah daerah telah mengusahakan dengan melakukan pengerukan pada sungai agar tak meluap saat air hujan datang. Namun, upaya itu sia-sia. Banjir tak bisa dielakkan. Warga menjadi korban.
Bagi saya, upaya pemerintah untuk mengatasi banjir datang kembali sudah cukup bagus. Namun, tak tepat sasaran. Pelaksana proyek yang tak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan tak sungguh-sungguh menuntaskan dengan kualitas baik. Pelaksana proyek yang tak melaksanakan dan menghasilkan pekerjaan berkualitas bagus, sama halnya dengan sengaja ingin mendatangkan banjir di Sampang. Terutama, proyek yang berkait dengan timbulnya banjir.
Saya kemudia berfikir, pelaksanaan pembangunan yang tak visioner dan hanya mementingkan kepentingan diri, bukan publik, masyarakat yang akan menjadi korban. Bencana banjir terjadi akibat tingginya curah hujan, kondisi penampung sungai yang tidak mampu lagi menampung debit air, kondisi morfologi sungai yang berkelok-kelok, serta sistem drainasi yang sudah tidak berfungsi dengan baik.
Barangkali kita masih ingat dengan banjir besar terjadi pada tahun 1921, tahun 1991, tahun 2002 dan tahun 2013 mengakibatkan seluruh Kota Sampang dan sekitarnya terjadi genangan antara 1,5 – 5,5 m dengan debit banjir sekitar 542,12 m3/det. Kita berharap, itu tak akan kembali terjadi.
Barangkali, menjadi penting bagi pemerintah daerah kembali menanamkan rasa kepemilikan terhadap seluruh warga, masyarakat dan pelaksana pembangunan di Sampang. Rasa memiliki bahwa Sampang adalah tempat lahir dan tumpah darah. Sehingga harus dirawat dan dijaga. Saya tidak ingin, semboyan Sampang sebagai kota Bahari diplesetkan menjadi kota Banjir Setiap Hari (Bahari). Sampang harus bebas dari banjir yang menakutkan dan mengotori. Sampang tetap dan harus Bersih, Agamis, Harmonis, Aman Rapi, dan Indah (Bahari).
Begitulah harapan saya terhadap Sampang yang saya cinta. Namun, ketika banjir kembali terjadi seperti sekarang ini, saya menjadi teringat pada Kaum Saba’. Mereka hidup satu diantara empat peradaban besar yang hidup Arabia Selatan. Kaum Saba’ diperkirakan hidup sekitar sekitar 1000-750 SM dan hancur sekitar 550 M.
Namun, dalam kejayaan mereka, telah diberi hukuman cukup berat oleh Allah. Sebab, tidak mendengarkan peringatan Tuhan. Sudah tidak mengikuti Nabi dan tidak percaya lagi dengan kekuatan Tuhan.
Allah SWT menjelaskan dalam al-Quran bahwa Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasan Allah) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan kiri (kepada mereka dikatakan): "Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun".
Dalam al-Quran pun dilanjutkan, Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun-kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr. Demikianlah Kami memberi balasan kepada mereka karena kekafiran mereka. Dan kami tidak menjatuhkan azab (yang demikian itu), melainkan hanya kepada orang-orang yang sangat kafir. (QS Saba' 15-17).
Kita semua berharap, banjir di Sampang bukanlah adzab dari Allah. Meski kita tidak tahu terhadap apa kesalahan yang dimiliki warga. Warga Sampang bukan kaum Saba’. Warga Sampang adalah kaum yang selalu taat beribadah dan taqwa. Semoga ketaqwaan ini bukanlah lipstik belaka agar kita tidak sama dengan kaum Saba’ yang diberi adzab banjir oleh Allah SWT. (*)
 
Madura, 19 Desember 2013 
Oleh: BUSRI TOHA


KOMENTAR

banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Salam Sejahtera Untuk Banjir
Salam Sejahtera Untuk Banjir
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUNpdrSyFk_YXj86I3z3x_5NSg944HMU4I14wJZHHlkdHz2Xg_csnfWeaYHpNF9kPQSOqBhd-0zpmCNDVpWUNCkRodhGkxld3ccfRlg7t4YgpnnciE8uXFFvjAVGc2YXC1J-EUqkPU69g/s1600/DSCN0245.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUNpdrSyFk_YXj86I3z3x_5NSg944HMU4I14wJZHHlkdHz2Xg_csnfWeaYHpNF9kPQSOqBhd-0zpmCNDVpWUNCkRodhGkxld3ccfRlg7t4YgpnnciE8uXFFvjAVGc2YXC1J-EUqkPU69g/s72-c/DSCN0245.JPG
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2014/03/salam-sejahtera-untuk-banjir.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2014/03/salam-sejahtera-untuk-banjir.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy