body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Ayam Kampung Mati

PAGI ini, bocah kecil ini menangis. Saya menggendong lalu membawanya keliling sekitar rumah. Melihat pemandangan indah dan men...

PAGI ini, bocah kecil ini menangis. Saya menggendong lalu membawanya keliling sekitar rumah. Melihat pemandangan indah dan menikmati segarnya udara pagi. Supaya suasana lebih hidup, sambil membaca shalat Nabi.
Ya Nabi Salam ‘alaika, Ya Rasul Salam ‘alaika. Ya Habib Salam ‘alaika, Shalawatullah ‘alaika.  
Shalawat itu, terus saya baca berulang-ulang sambil menggendong si kecil. Kadang saya ajak bicara meski dia tak mengerti. Saya bercerita tetang Nabi Muhammad, Rasulullah yang telah membawah umat Islam dari alam jahiliah menuju alam penuh akhlak.
Nak, Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Beliau membawa Agama Islam dan mengajarkan kepada kita tetang akhlak mulai. Mengajar tentang kehidupan dari hal yang paling kecil hingga persoalan besar.
Kita bisa hidup seperti sekarang karena Nabi Muhammad. Kata Allah, Tuhan Semesta Alam, menciptakan dunia beserta isinya karena Muhammad. Maka, ketika sudah baligh kelak, kau harus menjadi pengikut sang proklamator Islam. Ahli surga. Berakhlak mulai ala Rasulullah. Jadikanlah Al-Quran dan Hadist sebagai jalan hidupmu. Maka kau akan selamat dunia dan akhirat.
Itulah pesan sedikit disampaikan kepada anak yang sedang saya gendong. Saya tidak tahu, apakah si kecil mengerti atau tidak. Sebab, berbicara saja masih belum bisa. Namun, saya yakin, suatu saat anak yang belum berumur dua tahun ini, akan memahaminya.
Sambil menyampaikan pesan itu, saya melihat para tetangga yang sedang sibuk untuk mengeringkan tembakaunya. Maklum, sekarang musim tembakau. Di desa saya, sudah biasa saling membantu satu sama lain, untuk mengangkut tembakau itu ke lahan luas. Sebenarnya, saya juga ingin membantu mereka. Tetapi, saya tidak bisa.
Tak lama, setelah berputar sambil jalan-jalan sekitaran rumah, saya mendengar suara ayam. Suara itu, terdengar begitu berbeda dari biasanya. Seperti suara ayam sedang sakit. Sambil menggendong anak, saya cari sumber suara ayam itu.
Ternyata, ayam kampung hasil pemberian buyut si kecil, sedang kesakitan. Matanya memerah. Tengkernya seakan rusak. Kata tetangga, jika tidak segera disembelih, maka ayam itu akan menjadi bangkai. Ketika menjadi bangkai tidak bisa di makan. Kata guru, haram memakan bangkai.
Akhirnya, ayam milik anak saya ini harus disembelih. Agar tidak hanya untuk kepentingan makan, mengundang tetangga untuk mengaji dan mengadakan selamatan.  Ayam boleh mati tetapi semangat untuk terus berjuang dan berdoa kepada Ilahi, tak boleh sirna. Semoga hidayah Tuhan akan selalu bersama kita semua. Amin.


KOMENTAR

banner Selamat Datang di busritoha.blogspot.com semoga bermanfaat
Nama

ARTIKEL,13,Catatan Harian,10,Cerita,6,JENDELA,33,lucu,3,News,11,OPINI,34,
ltr
item
Busri Toha: Ayam Kampung Mati
Ayam Kampung Mati
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhIvapG3GUo6AhPM7Bl8yWwDx6zbeoQn8VgylIohFCmNuyblUgAfU4aBjJZGmwOLxj1gg8dSyAwfThro7fkE-mI2sYO6PEPKcIVWdwf47W6yGQNwe3J2EGQGU1Vgd6hIUbnnXb26qVv1A/s1600/ayam+kuning.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhIvapG3GUo6AhPM7Bl8yWwDx6zbeoQn8VgylIohFCmNuyblUgAfU4aBjJZGmwOLxj1gg8dSyAwfThro7fkE-mI2sYO6PEPKcIVWdwf47W6yGQNwe3J2EGQGU1Vgd6hIUbnnXb26qVv1A/s72-c/ayam+kuning.jpg
Busri Toha
http://busritoha.blogspot.com/2014/08/ayam-kampung-mati.html
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/
http://busritoha.blogspot.com/2014/08/ayam-kampung-mati.html
true
8564605806601913725
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy